TEKNIK PEMERIKSAAN THORAX PROYEKSI PA (POSTERIOR-ANTERIOR) DENGAN KASUS TB (TUBERCULOSIS) MILIER DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT EFARINA ETAHAM BERASTAGI

  • Juni Sinarinta Purba Universitas Efarina
  • Sabriani Suci Zasneda Universitas Efarina
Keywords: Thorax, Tuberculosis Milier, Radiologi

Abstract

Tuberculosis paru merupakan penyakit infeksi yang menjadi masalah kesehatan dalam masyarakat. Penyakit Tuberculosis paru disebabkan bakteri berbentuk (basil) yang dikenal dengan nama Mycobacterium Tuberculosis. Penularan penyakit ini melalui perantaraan ludah atau dahak penderita yang mengandung basil berculosis paru. Pada saat penderita batuk, butir-butir ludah berterbangan di udara dan terhirup oleh orang sehat, sehingga masuk kedalam paru-parunya, yang kemudian menyebabkan penyakit Tuberculosis Paru. Rontgen Thorax adalah foto Dada yang menunjukan Jantung, Paru-paru, Saluran Pernafasan, Pembuluh Darah. Rontgen Thorax juga dapat dapat menunjukan tulang Belakang, termasuk tulang Payudara, tulang Rusuk, tulang Selangka, dan bagian atas tulang Belakang. Pemeriksaan Radiologi adalah pemeriksaan yang sangat tepat digunakan utk mengetahui Anatomi dan Fisiologi dari suatu organ sehingga kelainan yang terlihat dapat membantu menegakkan diagnosa, sehingga dilakukannya pemeriksaan Thorax dengan proyeksi PA (Posterior-Anterior) (Rasad, 2005).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Naga, S. Soleh. 2014. Buku Panduan Lengkap Penyakit Dalam Edisi 1. Yogyakarta: Diva Pres.
Ethel, Slone. 2003. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula/ahli Bahasa Edisi 3. James Veldman. Editor Bahasa Indonesia, Palupi Widyastuti – Jakarta: EGC.
Pearce, C Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Para Medis Edisi 2. Jakarta : Penerbit Gramedia.
Pearce, C Evelyn. 2011. Ajar Setiatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut) Edisi 2. Jakarta: FKUI Anatomi dan Fisiologi untuk Para Medis Edisi 2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Syaifuddin. 2011. Anatomi dan Fisiologi: Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Keperawatan dan Kebidanan Edisi 4. Jakarta: EGC.
Crofton, J dan WHO. 2002. Tuberculonis Klinis. Jakarta: Widya Medika. Jakarta : EGC.
Syahriah, Rasad. 2005. Radiologi Diagnostik Edisi 2. Jakarta: FKUI.
Clark’s K. C 2005. Positioning in Radiograpy Edisi 13. London: Inford Limited.
Published
2019-09-18
How to Cite
Purba, J. S., & Zasneda, S. S. (2019). TEKNIK PEMERIKSAAN THORAX PROYEKSI PA (POSTERIOR-ANTERIOR) DENGAN KASUS TB (TUBERCULOSIS) MILIER DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT EFARINA ETAHAM BERASTAGI. Morenal Unefa : Jurnal Radiologi, 7(1), 1-10. Retrieved from https://jurnal.unefa.ac.id/index.php/jmorenal/article/view/17